Mentari di Bumi Purwakarta


Liputan Pelatihan TOT (Training Of Trainer) ICT di Indosat Training Center and Conference Purwakarta Jawa Barat

Senin 26 Desember 2011, saat itu jam menunjukkan pukul 07.30 WIB matahari bersinar cerah secerah harapan dan wajah saya beserta istri saat melangkahkan kaki dengan mantap menuju Islamic Center Bekasi tempat berkumpulnya para “Pelopor Pendidikan ICT Bekasi” yang diprakarsai oleh Indosat, IGI Bekasi, dan Be-Blog (Blogger Bekasi). Kami menjadi peserta yang hadir pertama dan disambut oleh Panitia yang sudah hadir lebih dulu. Saya senang melihat pemandagan ini, “Langkah awal yang bagus, inilah sebuah wajah pendidikan yang sukses” kataku dalam hati, bagaimana tidak, di saat pemerintah “berkoar-koar” tentang etos kerja terutama masalah keterlambatan masuk jam kerja beberapa PNS, kami para peserta dan panitia TOT ICT (150 orang) mampu datang tepat waktu bahkan satu-dua jam sebelum keberangkatan, salam salut plus hormat saya berikan kepada seluruh Panitia dan Peserta.

Salah seorang peserta Berpose di bus

Panitia membagi peserta menjadi 2 rombongan sesuai bus yang akan kita naiki, rombongan pertama adalah para ibu-ibu dan kedua adalah Bapak-bapak. Tak menunggu beberapa lama, kamipun berangkat menuju Indosat Training Center and Conference (ITCC) Jatiluhur Purwakarta yang akan menjadi “Rumah Pembaharuan” bagi kami “para Guru MENTARI pendidikan ICT” (demikian saya menyebut Para peserta dan Panitia) yang akan menyinari dunia pendidikan Indonesia khususnya Bekasi secerah Mentari Pagi menyinari dunia. Amin….

Halaman depan Balairung Indosat

Halaman depan Balairung Indosat

Jam di tangan saya menunjukkan Pukul 12.15 WIB Ketika bus memasuki area “Rumah Pembaharuan”. Di sana kami disambut oleh pak Agus pengelola ITCC, lalu diajak berkumpul dalam sebuah ruangan besar yaitu Balairung Indosat, Kamipun dibagi dalam beberapa kelompok (3-4 orang) untuk menempati kamar di beberapa Wisma Indosat, kemudian dilanjutkan shalat Dhuhur berjamaah di Masjid IQRA lalu menyantap hidangan yang sangat dahsyat sedahsyat Indosat.

Pak Agus sedang beraksi di TOT ITCC

Pukul 13.00 WIB, Pak Agus Sampurno seorang Guru Sekolah Dasar Global Bintaro dan juga seorang Juara Guraru award Acer 2011 menggebrak para guru MENTARI dengan materi bertajuk pemanfaatan ICT dalam pembelajaran. “Adalah hal yang mutlak memanfaatkan ICT dalam pembelajaran, suka atau tidak suka, guru harus menghadapinya” ujar beliau.

Semangat terpancar jelas dari Pak Sony saat memberikan materi

Semangat terpancar jelas dari Pak Sony saat memberikan materi

Dr. Sony Teguh Trilaksono seorang President Director dari Kopindosat, tak kalah menggebrak dan menarik dengan gaya bicara yang santai dan atraktif memanfaatkan beberapa questioner yang memancing para peserta untuk berinteraksi. Banyak ilmu, gaya, dan figur yang bisa saya ambil dan contoh dari beliau.

Aksi Pak Elga yang energik

Aksi Pak Elga yang energik

Setelah Coffee Break dan sholat, Bapak Elga Yulwardian memukau kami dengan data-data yang beliau miliki beserta slide-slide yang bagus dengan semangat dan gaya bahasa yang lugas sangat pas dengan penampilan beliau yang energik layaknya sebuah Blog yang memiliki keajaiban luar biasa seperti yang telah beliau jelaskan kepada kami. Salah satu slide yang menarik bagi saya adalah tentang Pranav Mistry dengan research ‘SixthSense technology-nya’ berikut video tentang Pranav Mistry :

Suasana Materi Creative Blogging

Creative Blogging menjadi santapan materi kami berikutnya persembahan Bapak Dedi Dwitagama. Langkah-langkah dalam memotivasi diri untuk menulis seperti apa yang telah dikatakan oleh beliau: “Tulis apa saja yang kita pikirkan tanpa harus mikir juga contoh-contoh dari blogger  yang sukses mulai dari Seorang Guru TK, Guru SD, Guru SMP, sampai dengan Guru Besar ITB.

Pak Hasan Chabiebie dari Pustekkkom kemdikbud yang mengelola rumah belajar. Dengan Websitenya di http://belajar.kemdiknas.go.id. Beliau bercerita banyak bagaimana memanfaatakan ICT dalam dunia pendidikan dan mewajibkan para Guru untuk belajar IPTEK agar gak “GAPTEK”.

OmJay Sedang beraksi

Sebagai refleksi diri para Guru MENTARI Pendidikan ICT, Bpk. Wijaya Kusumah yang terkenal dengan nama OmJay, meminta dan memotivasi kami dalam menuangkan semua materi yang kami dapat hari ini ke dalam sebuah tulisan dengan panjang minimal satu halaman yang harus dikirim ke email beliau sebelum posting ke blog. Sayapun beraksi mengeksplor kemampuan menulis saya yang sangat minim, tak cukup waktu di Balairung Indosat, sayapun melanjutkan aksi di kamar Wisma Indosat bernomor 423, saking asyiknya tak terasa jam di tangan saya menunjukkan pukul 03.00 WIB pagi sayapun bergegas tidur.

Selasa 27 Desember Pukul 06.00 WIB pagi, Kegiatan sesuai jadwal adalah : Senam dan Olah Raga. Saya melihat ada beberapa teman yang hanya jalan-jalan pagi sambil mengabadikan beberapa gambar, ada juga yang beraksi di kolam renang, beraksi di meja billiyard, di tennis meja, bahkan di tempat tidur alias “molor” mungkin mengumpulkan energi agar “bersinar” lagi pada Materi berikutnya (ngeles dikit..hehehe…), sedangkan saya mempraktekkan sedikit kemampuan dan pengetahuan saya dalam mengelola blog kepada dua orang teman kamar saya (jadi trainer sebentar…), walaupun tak banyak yang bisa saya share pada mereka berdua mengingat waktu dan koneksi modem yang “lemot”. Kamipun langsung menuju cafeteria menikmati hidangan yang telah disediakan.

Mbak Ajeng Sedang menggodok para guru MENTARI Pendidikan ICT

Selesai sarapan kamipun bersegera ke Balairung Indosat untuk Materi  Pelatihan berikutnya  “Pemanfaatan Social Media” oleh Mbak  Ajeng. “Mempunyai dua akun di Social Media adalah sah-sah saja karena ada hal-hal yang perlu kita jaga dalam akun tersebut diantaranya : Privasi sebagai seorang yang berprofesi (guru, polisi, dokter, dll), privasi sebagai seorang teman, privasi sebagai seorang suami atau istri, dan lain sebagainya” kata Mbak Ajeng.

Mas Vavai

Mas Vavai dengan wajah yang cerah sedang membangkitkan cahaya para Guru MENTARI

Mas Vavai seorang blogger yang mempunyai income ± Rp. 5.000.000; perbulannya, menjadi pembicara berikutnya “Domain Berbayar”. Menurut beliau banyak keuntungan dan tentunya ada kerugian dalam memiliki domain berbayar diantaranya adalah :

Kemampuan dan keaktifan untuk menulis jadi tertantang, butuh biaya pengeluaran lebih untuk membayar domain yang kita miliki, banyak pilihan tampilan-tampilan yang menarik dan fasilitas-fasilitas yang tidak bisa didapat oleh domain tak berbayar, dan lain-lain.

Di akhir acara beberapa pengumuman tentang Sertifikat, Pemenang Tweet @Indosatmobile #Indosat4Indonesia. Sebetulnya hadiah atau prize tidak hanya lomba tweet, tapi prizepun dibagikan di setiap akhir sesi materi yang disediakan oleh Indosat bagi para peserta yang mampu menjawab beberapa pertanyaan tentang materi yang disampaikan oleh nara sumber. Kebayangkan banjir hadiah oleh Indosat….Saat pembagian sertifikat oleh panitia Ada beberapa kejadian yang unik dan menggelitik :

  1. Beberapa peserta ada yang salah tempat dalam mengambil sertifikat padahal panitia sudah sangat jelas dalam menerangkan pos-pos yang ada.
  2. Beberapa peserta lupa mengembalikan kunci kamar wisma Indosat, dari dialog yang saya dengar antara panitia dan pihak Indosat, ada sekitar lima kunci yang belum kembali.

Inilah salah satu bukti bahwa manusia tidak sempurna dan tak luput dari kesalahan, Guru juga manusia pernah lupa dan khilaf.

Dalam perjalanan pulang menuju  Islamic Center Bekasi para peserta diberi kesempatan untuk berkunjung ke Stasiun Bumi Indosat di Jatiluhur Purwakarta yang merupakan salah satu stasiun Bumi milik Indosat di Indonesia, stasiun lainnya terletak di Daan Mogot Jakarta, dan Medan.

beberapa Antena di Stasiun Bumi Indosat Purwakarta

beberapa Antena di Stasiun Bumi Indosat Purwakarta

Para peserta mengikuti sesi ini dengan mendengarkan keterangan dan arahan dari seorang pemandu yang ada, bahkan di sela-sela keterangan tersebut beberapa peserta menyempatkan diri mengabadikan moment tersebut dengan photo ataupun Video. Sayapun tak ketinggalan mengabadikan beberapa gambar dalam sesi tersebut. Objek yang paling banyak menjadi sasaran adalah Antena Bumi.

Kumpulan Antena Indosat di Stasiun Bumi Indosat Purwakarta

Saya berphoto dengan background Kumpulan Antena Indosat di Stasiun Bumi Indosat Purwakarta

Data salah satu Antena JAH - 5A Milik Indosat

Data salah satu Antena JAH - 5A Milik Indosat

Di sela-sela moment tersebut sayapun berkhayal dan “ber-andai-andai seperti berikut : “Alangkah indahnya dunia pendidikan bila diisi oleh para guru MENTARI ini yang siap memancarkan sinyal-sinyal kebaikan, kemajuan, ketulusan, dan semangat berbagi melalui antena-antena DIKNAS, MPR-DPR, bahkan Presiden. Biarlah…untuk sementara cahaya MENTARI dari Orang-orang Hebat ini dipancarkan melalui wadah lain seperti : INDOSAT, IGI Bekasi, dan Blogger Bekasi, tapi tunggulah pada suatu saat nanti “sinar-sinar sejuk dari Para Guru MENTARI” ini akan menembus masyarakat dunia”. Saya optimis khayalan ini akan terwujud pada suatu saat nanti. Amin…

Terima kasih Indosat, terima kasih IGI Bekasi, dan terima kasih Blogger Bekasi atas Training yang bermanfaat dan kesempatan yang sangat berharga ini, luar biasa…uang yang saya keluarkan Rp. 50.000; untuk pendaftaran pelatihan ini memang tidak sebanding dengan pengalaman dan tambahan ilmu yang saya dapatkan belum lagi tambahan fasilitas mewah yang disediakan. Doakan kami menjadi guru-guru MENTARI yang mampu menyinari anak didik kami, Bekasi, Indonesia, bahkan dunia. Amin…

Special Thank to :

4 thoughts on “Mentari di Bumi Purwakarta

  1. Luar biasa pak.. tulisan dan gaya bahasanya,

    Semoga harapan atau andai-andai kita segera menjadi kenyataan dan membawa perubahan untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik.

    Salam Guru Blogger

Komentarnya dong...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s