Al Mahfudhoot


Ketika saya nyantri di Pondok Modern Daarussalaam GONTOR Ponorogo, ada satu Mata Pelajaran yang sangat saya sukai dan pastinya menjadi Favoriteku  diantara sekian banyak Mata Pelajaran yang ada di Pondok yang sangat terkenal di Indonesia  bahkan sampai manca negara tersebut. Mata Pelajaran yang dimaksud adalah…ya benar sekali المَحْفُوْظَاتُ .

المَحْفُوْظَاتُ adalah sebuah pelajaran yang berisi kata-kata mutiara dalam Bahasa Arab yang mengandung nasehat, hikmah, motivasi, kata-kata bijak dan falsafah hidup yang mayoritas isinya menyorot permasalahan Sosial Masyarakat.  “المَحْفُوْظَاتُ “ mirip sekali dengan Peribahasa yang ada dalam Bahasa Indonesia, bahkan beberapa kalimat mutiaranya sama persis dengan PeribahasaIndonesia (hehehe…jadi ingat pelajaran Bahasa Indonesia waktu SD dulu).

المَحْفُوْظَاتُ biasanya disampaikan oleh seorang ustadz dengan cara bercerita terlebih dahulu tentang sesuatu kisah ataupun sebuah fenomena yang mengandung hikmah, cerita tersebut nantinya akan dikaitkan dengan المَحْفُوْظَاتُ yang ingin diberikan sang ustadz pada santrinya, dan biasanya sang ustadz akan bersuara lantang dalam mengucapkan kalimat mutiara  المَحْفُوْظَاتُ  tersebut yang kemudian diikuti oleh santrinya berkali-kali sampai melekat/hapal.

Nah…untuk mengabadikan المَحْفُوْظَاتُ  yang pernah saya pelajari dari kelas 1-6 KMI Pondok Modern Gontor (kelas 1 SMP-kelas 3 SMA), maka saya bermaksud menulis tentang المَحْفُوْظَاتُ serial lengkap dengan cerita pra-pembelajarannya versi saya. Semoga bermanfaat…

Salam

4 thoughts on “Al Mahfudhoot

  1. subhanalloh….ini blog bagus sekali….dan..isinya sangat bermanfaat bagi kita….sebelumnya saya hanya mengenal peribahasa pak…kini dapat mengenal المَحْفُوْظَاتُ
    meski aku juga belum paham …tapi berniat untuk selalu mengikuti tulisan bapak…..agar bisa mengenal lebih jauh tentang المَحْفُوْظَاتُ

Komentarnya dong...

