Al Mahfuudhoot (Part 1)


Barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti mendapat

Barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti mendapat

Mungkin anda sudah sangat akrab dengan mahfudhoot yang satu ini, ya…benar sekali مَنْ جَدَّ وَ جَدَ Man Jadda wajada sangat populer dan kedengaran tidak asing di telinga kita karena sering sekali diucapkan, baik oleh seorang motivator, ustadz, ataupun praktisi pendidikan, bahkan مَنْ جَدَّ وَ جَدَ   sudah masuk ke acara Kick Andy oleh karena kepopuleran buku “Negeri 5 Menara” yang ditulis oleh Ahmad Fuadi salah seorang alumni KMI PM GONTOR, kalimat مَنْ جَدَّ وَ جَدَ  menjadi salah satu judul dalam buku tersebut.

Cerminan kalimat مَنْ جَدَّ وَ جَدَ sangat tergambar jelas bila kita membaca dan meneladani kisah Ibnu Hajar Al Asqalany. Di saat beliau berada pada keputusasaan dalam menuntut ilmu,  beliau pergi menyendiri ke sebuah gua, di dalam gua tersebut beliau menemukan sebuah batu yang berlubang karena tetesan air yang jatuh dari langit-langit gua, melihat fenomena alam tersebut Ibnu Hajar tersadar akan keputusasaannya, lalu menjadikan fenomena tersebut sebagai pelajaran yang amat berharga, beliau menyimpulkan sesusah apapun pelajaran pasti akan dapat dikuasai asalkan tekun dan berusaha.

Seberat apapun masalah yang dihadapi, pasti ada jalan keluarnya asalkan bersungguh-sungguh/tekun dan berusaha, ingat! jangan pernah lari dari permasalahan, bila anda lari dari permasalahan yang anda hadapi, maka pasti akan timbul masalah lainnya, dan anda akan mempunyai banyak permasalahan, maka bisa dipastikan anda “seorang yang bermasalah”.

Allah tidak akan pernah memberikan persoalan/permasalahan dunia yang rumit dimana tidak ada seorangpun hamba-Nya yang mampu memecahkannya, Allah selalu memberikan jalan keluar bagi setiap persoalan/permasalahan dunia yang dihadapi oleh hamba-Nya, bila demikian maka, sebetulnya tidak ada “Persoalan/permasalahan yang rumit bin njelimet “, yang ada hanya persoalan/permasalahan sepele yang menjadi rumit karena tidak ada atau kurang kesungguhan/ketekunan dalam menghadapi dan menuntaskannya.

Hidup di dunia memang penuh dengan permasalahan-permasalahan, perlu spirit yang kuat untuk menghadapinya maka tanamkan sebuah spirit dalam diri anda:

BERANI HIDUP TAK TAKUT MATI

TAKUT MATI JANGAN HIDUP

TAKUT HIDUP MATI SAJA

Komentarnya dong...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s